Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Leba Trigona

Belakangan ini sedang populer nih beternak lebah trigona. Kalau dulu kita hanya mengenal lebah madu, kini ada jenis lebah lain yang juga bisa dibudidayakan. Ya, Trigona spp. merupakan kelompok lebah tanah yang biasanya dibudidayakan untuk diambil madunya. Yuk, simak apa itu lebah Trigona, jenis-jenisnya, mengapa perlu beternak lebah Trigona, keuntungan, alasan, langkah-langkah, dan tips budidaya lebah Trigona.

Lebah Trigona

Lebah Trigona termasuk dalam kelompok lebah tanah yang mampu hidup secara koloni. Lebah satu ini khusus terdapat di wilayah tropis dan substropis dengan jumlah sekitar 50 jenis di dunia. Lebah ini memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang lebah apis sehingga ketika sedang beternak tentu lebih mudah dalam pengaturannya.

beternak lebah Trigona

Apa itu Lebah Trigona

Lebah Trigona dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis lebah yang hidup dalam koloni. Lebah satu ini hanya ada di wilayah tropis dan diyakini memiliki lebih dari 50 jenis di seluruh dunia. Bedanya, ukuran dari lebah ini lebih kecil jika dibandingkan dengan lebah biasa yang kita kenal. Oleh karena itu, ketika ingin memulai bisnis beternak lebah ini, Anda tidak perlu menggunakan ruangan yang besar.

Jenis-jenis Lebah Trigona

Terdapat banyak jenis lebah Trigona di seluruh dunia, masing-masing dengan keunikan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Lebah Trigona Itama
  • Lebah Trigona Apicalis
  • Lebah Trigona Crenata
  • Lebah Trigona Thoracica
  • Lebah Trigona Genomala
lebah Trigona jenis-jenis

Mengapa Perlu Beternak Lebah Trigona

Ada beberapa alasan mengapa beternak lebah Trigona layak untuk dicoba, di antaranya:

  • Penjualan madu lebah Trigona biasanya lebih mahal dibandingkan dengan madu lebah lainnya. Hal ini dikarenakan madu dari lebah Trigona memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.
  • Lebah Trigona tidak membutuhkan ruangan yang terlalu besar sehingga bisa dipelihara di dalam ruangan kecil dan mudah saat pengaturannya.
  • Lebah Trigona tidak membutuhkan sarang yang ideal sehingga bisa diadaptasi dengan lingkungan sekitar.
  • Dalam satu tahun, lebah Trigona bisa menghasilkan madu sebanyak 3-4 kali sekaligus menghasilkan varietas madu yang berbeda-beda.

Keuntungan Beternak Lebah Trigona

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika beternak lebah Trigona. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Hasil dari bisnis beternak lebah Trigona yaitu madu, bisa terjual dengan harga yang cukup tinggi. Harga tersebut tentu saja lebih mahal dibandingkan madu dari lebah lain seperti lebah Apis.
  • Bisnis beternak lebah Trigona terbilang mudah. Tak perlu memasukkan modal yang besar untuk membangun kandang yang mewah dan luas. Hanya dengan kandang yang sederhana, bisnis ini tetap bisa dijalankan.
  • Menariknya, dalam satu tahun, kita bisa memanennya sampai 4 kali dari satu petak kandang yang sama. Oleh karena itu, potensi keuntungan dari bisnis ini sangat menjanjikan.

Alasan Beternak Lebah Trigona

Ada beberapa alasan yang menjadi dasar mengapa kita harus beternak lebah Trigona. Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  • Lebah Trigona merupakan salah satu jenis lebah yang mampu hidup dalam koloni. Oleh karena itu, peternak tidak perlu mengatur secara terpisah, tinggal menggunakan petak kandang yang sama.
  • Produk dari beternak lebah Trigona yaitu madu, memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan sehingga banyak diminati oleh konsumen.
  • Bisnis beternak lebah Trigona tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar alias cukup terjangkau.

Langkah-Langkah Membudidaya Lebah Trigona

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam membudidayakan lebah Trigona:

  1. Pemilihan sarang, pastikan sarang yang digunakan adalah sarang yang bersih dan kering. Sarang yaang digunakan sebaiknya yang baru. Karena sarang yang sudah dipakai terdapat ramuan lain yang memantikan bagi lebah dan dapat memproduksi semut.
  2. Menempatkan kandang di tempat yang ideal agar proses budidaya bisa berlangsung dengan maksimal.
  3. Memberikan pakan sesuai dengan aturan.
  4. Menjaga kebersihan sarang dan kandang agar tetap bersih.
  5. Melakukan pembiakan dari satu koloni sehingga mendapatkan koloni yang lebih banyak.
  6. Mengamati kondisi kandang dan lebah secara berkala.

Tips Beternak Lebah Trigona

Berikut beberapa tips dalam beternak lebah Trigona agar lebih sukses:

  • Radang saat melakukan proses pemisahan kantongan dan membuka plastik tempatnya, jangan sampai mengenai bagian dalam kelompok menjadi gaduh.
  • Perbaiki sarang yang rusak atau netralisir sarang yang dianggap kurang layak.
  • Menjaga keamanan dan kenyamanan lebah untuk memunculkan produksi madu yang lebih maksimal.

Posting Komentar untuk "Cara Beternak Leba Trigona"