Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Maggot Bagi Pemula

Sudah pernahkah kamu mengeluarkan binatang dari dalam telinga? Atau mungkin kamu ingin mencoba beternak maggot di rumah untuk mendapatkan cuan? Bagi pemula yang ingin mencoba bisnis beternak, mungkin bisa mencoba beternak bebek petelur dan pedaging atau bahkan ternak lebah madu modern. Namun, jika kamu menginginkan alternatif lain namun tetap menguntungkan, kamu bisa mencoba beternak maggot.

Cara Budidaya Maggot di Rumah untuk Pemula

Maggot adalah larva yang menjadi makanan alami bagi ikan, burung, dan hewan lainnya. Lebih tepatnya, maggot dalam beternak disebut sebagai BSF (Black Soldier Fly). Nah, jika kamu tertarik untuk memulai beternak maggot di rumah, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Apa Itu Maggot?

Maggot adalah larva dari lalat tentara hitam (BSF) yang biasanya hidup di daerah tropis atau subtropis. BSF memiliki tubuh berwarna hitam, sehingga dinamakan tentara hitam. Lalat yang tergolong dalam keluarga Stratiomyidae ini memiliki bentuk tubuh seperti capung.

Jenis-Jenis Maggot

Tak seperti jenis-jenis hewan ternak lainnya, maggot hanya memiliki satu jenis. Namun, jika dilihat dari penggunaannya, maggot ada yang digunakan sebagai pakan ikan, pakan burung, atau bahkan untuk mengurangi limbah organik.

Mengapa Harus Beternak Maggot?

Bisnis beternak maggot bisa dikatakan cukup menjanjikan, mengingat semakin banyaknya pembudidaya ikan, burung, dan hewan peliharaan di Indonesia. Selain itu, beternak maggot juga bisa menjadi cara untuk mengurangi limbah organik dari sisa makanan.

Keuntungan Beternak Maggot

Keuntungan yang bisa didapatkan dari beternak maggot tentunya cukup menjanjikan. Satu di antaranya adalah sebagai pakan alami bagi ikan, baik ikan hias maupun ikan ternak. Selain itu, maggot juga bisa digunakan sebagai pakan burung, terutama burung pemakan serangga.

Alasan untuk Memulai Beternak Maggot

Tak hanya karena keuntungan finansial yang bisa didapat, melainkan beternak maggot juga bisa menjadi cara untuk memanfaatkan limbah organik dari sisa makanan. Dengan memanfaatkan limbah organik, maka akan membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan.

Langkah-Langkah Beternak Maggot

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan jika ingin memulai beternak maggot di rumah.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Yang perlu dipersiapkan adalah plastik drum atau ember, potongan kayu, media pengompos (jerami atau CMC), tanah liat, serta persiapan untuk membuat sangkar atau kandang ternak.

2. Buat Sarang untuk BSF

Sarang untuk BSF bisa dibuat dari drum plastik atau ember dengan membuat lubang pada bagian bawahnya. Letakkan potongan kayu di dalam drum, kemudian tambahkan media pengompos hingga setinggi potongan kayu. Lalu, tutup dengan tanah liat.

3. Beri Makan BSF

BSF bisa diberi makan sisa makanan seperti sayuran, buah-buahan, atau sisa makanan hewan ternak lainnya. Letakkan sisa makanan tersebut di atas media pengompos yang sudah disiapkan.

4. Panen Maggot

Setelah beberapa hari, akan muncul larva yang keluar dari tanah liat. Ambil larva tersebut dan letakkan di tempat yang sudah disiapkan untuk diberi makan.

Tips Beternak Maggot

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam beternak maggot di rumah.

1. Pilih BSF yang Baik

Pilihlah BSF yang berkualitas dan sehat. Kamu bisa membelinya dari peternak ternak lokal, atau bahkan memesannya secara online.

2. Beri Makan yang Cukup

Pastikan kamu memberikan makanan yang cukup untuk BSF. Sayuran, buah-buahan, serta sisa makanan hewan ternak lainnya, bisa jadi pilihan.

3. Jangan Lupa Membersihkan Sarang

Membersihkan sarang dari sisa makanan atau kotoran sangat penting untuk menjaga kualitas dari maggot.

4. Jaga Kelembaban dan Suhu

Pastikan kelembaban dan suhu di dalam sarang tetap terjaga. Kelembaban yang baik adalah 60%-80%, sedangkan suhu pada kisaran 28-32 derajat Celsius.

5. Pilih Media Pengompos yang Tepat

Media pengompos yang tepat adalah jerami atau CMC. Namun, pastikan media pengompos yang digunakan sudah matang dan siap digunakan.

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara beternak maggot di rumah. Selain menjadi alternatif bisnis yang menjanjikan, beternak maggot juga bisa membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan sekitar kita. Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulai beternak maggot di rumah!


Posting Komentar untuk "Cara Beternak Maggot Bagi Pemula"