Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Kelinci New Zealand

Berbisnis peternakan merupakan salah satu kegiatan yang cukup menjanjikan di masa kini. Salah satu ternak yang cukup diminati oleh masyarakat adalah kelinci. Selain mudah dalam pengelolaannya, kelinci juga memiliki potensi yang cukup besar saat terjun ke dalam dunia bisnis peternakan. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara beternak kelinci yang benar agar memiliki hasil yang maksimal.

Cara Beternak Kelinci yang Benar

Beternak kelinci sendiri tergolong cukup mudah dilakukan. Akan tetapi, diperlukan metode yang tepat dan benar agar hasil yang didapat dapat maksimal. Berikut adalah cara beternak kelinci yang benar:

gambar kelinci

Apa Itu Beternak Kelinci?

Beternak kelinci adalah kegiatan beternak hewan kelinci untuk diambil daging, bulu maupun telurnya. Biasanya jenis kelinci yang dibudidayakan di Indonesia yaitu kelinci lokal dan New Zealand. Kelinci sendiri merupakan hewan mamalia yang memiliki bulu halus dan lembut. Mereka bisa tumbuh dengan cukup cepat, yaitu 1 bulan untuk mencapai ukuran 500 gram hingga 1kg.

Jenis-jenis Kelinci yang Bisa Dibudidayakan

Jenis kelinci yang bisa dibudidayakan terdiri dari kelinci pedaging, lokal, dan kelinci hias. Kelinci pedaging biasa digunakan untuk diambil dagingnya. Sedangkan, kelinci lokal biasanya dijadikan peternakan keluarga dengan tujuan menghasilkan telur dan bulu kelinci. Terakhir, kelinci hias biasanya menjadi hewan kesayangan dan dipelihara untuk diikutkan pada ajang kompetisi hewan.

gambar kelinci

Mengapa Memilih Beternak Kelinci?

Ada beberapa alasan mengapa beternak kelinci menjadi salah satu pilihan yang menjanjikan. Pertama, kelinci dapat tumbuh dengan cepat. Kedua, kelinci mempunyai potensi yang cukup besar dalam menghasilkan telur dan daging. Ketiga, kelinci juga memiliki kemampuan adaptasi lingkungan yang cukup baik.

Keuntungan Beternak Kelinci

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dalam beternak kelinci. Pertama, kelinci mempunyai potensi menghasilkan daging dan telur yang cukup besar. Kedua, kelinci memerlukan biaya perawatan yang cukup terjangkau. Ketiga, bisnis peternakan kelinci juga memiliki potensi pasar yang cukup luas.

gambar kelinci

Alasan Memulai Bisnis Peternakan Kelinci saat Ini

Tren bisnis peternakan kelinci di Indonesia sendiri sedang meningkat pesat. Hal ini dikarenakan kelinci mempunyai potensi pasar yang cukup luas, dan harganya juga cukup stabil. Selain itu, industri peternakan kelinci yang biasanya dilakukan oleh keluarga terutama di daerah pedesaan juga ikut berkembang pesat.

Langkah-langkah Memulai Beternak Kelinci

Berikut merupakan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk memulai beternak kelinci.

  • Menentukan jangkauan bisnis yang ingin dijalankan dan jenis kelinci yang mau dibudidayakan.
  • Mempersiapkan kandang yang baik dengan sirkulasi udara yang lancar dan suhu yang sesuai.
  • Menyediakan pakan dan minuman yang cukup
  • Membuat jadwal pemberian pakan dan minuman yang teratur
  • Membuat perencanaan keuangan dengan matang

Tips Beternak Kelinci

Ada beberapa tips yang perlu diingat dalam beternak kelinci. Pertama, memilih jenis kelinci yang memiliki kualitas baik dan sehat. Kedua, memilih pasangan kelinci yang baik untuk beternak. Ketiga, memperhatikan pola makan kelinci dan memilih pakan yang benar. Keempat, rajin membersihkan kandang kelinci. Kelima, memperhatikan kebersihan kelinci agar tidak terserang penyakit.

gambar kelinci

Dengan memperhatikan cara beternak kelinci yang tepat, bisnis peternakan kelinci dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Oleh karena itu, beternak kelinci patut dijadikan pilihan dalam memulai bisnis peternakan.

Sumber:


Posting Komentar untuk "Cara Beternak Kelinci New Zealand"