Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Kura Kura Darat

Mendingan jadi peternak kura-kura daripada jadi peternak ayam atau sapi, kan bisa dijadikan hewan peliharaan juga. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai kura-kura darat yang bisa kalian simak.

Cara Beternak Kura-kura

Kalian bisa memilih beternak kura-kura darat atau air, tapi kali ini kita fokus di darat saja ya. Langkah awal adalah memilih induk kura-kura yang berkualitas, banyak cara untuk bisa memilihnya. Apa itu induk kura-kura berkualitas? Ya sesuai dengan yang kita harapkan, sehat, memiliki bulu yang berkualitas, berat yang ideal, itu yang dinamakan induk berkualitas. Pilihlah induk jantan dan betina yang berbeda jenis, jangan sampai sama-sama darat.

kura-kura darat

Selanjutnya, pastikan lingkungan tempat kura-kura berada nyaman dan aman, bisa dimulai dari memberikan mereka kandang yang cukup luas. Berikanlah makanan yang sehat dan seimbang, jangan lupa untuk memberikan mineral dan vitamin yang cukup juga. Pastikan kura-kura dalam keadaan yang bersih dan kesehatan yang terjaga.

Cara Membedakan Kura-kura Darat dan Air

Jangan sampai terkecoh ya, jenis kura-kura darat dan air memang mirip tapi ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Kura-kura air biasanya lebih ramping dibandingkan dengan kura-kura darat.

kura-kura darat

Perbedaan lainnya adalah kura-kura darat memiliki kaki yang lebih tebal dengan cakar cukup kuat, sementara kura-kura air memiliki kaki yang ramping dengan kuku yang lebih tajam. Biasanya, kura-kura darat memiliki cangkang yang lebih besar dan kokoh dibandingkan dengan kura-kura air yang memiliki cangkang yang lebih ramping dan halus.

Mengenal Habitat Kura-Kura

Kura-kura darat biasanya menghuni area yang kering seperti padang rumput dan gurun, mereka pun membutuhkan sinar matahari dengan intensitas yang cukup untuk menjaga suhu tubuh mereka. Kura-kura darat sendiri biasanya membentuk sarang mereka di tepi hutan atau dekat dengan tempat yang kering.

kura-kura darat

Sedangkan kura-kura air biasanya menghuni daerah perairan seperti danau dan sungai, tentunya dengan kondisi air yang bersih dan jernih. Mereka biasanya membentuk sarang yang berbentuk lubang di tepi sungai atau daerah perairan lain.

Cara Menjinakkan Kura-Kura

Kura-kura memang hewan yang unik dan menarik, tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa menjinakkan kura-kura. Langkah pertama adalah memberikan mereka makanan yang tepat dan bisa menemani mereka dalam aktivitas sehari-hari. Berikan juga waktu yang cukup untuk mengenal dan bermain dengan mereka.

kura-kura darat

Saat melakukan pendekatan, lakukan dengan perlahan dan santai. Jangan terburu-buru dalam menjinakkan kura-kura. Percayalah, mereka juga sama sensitifnya dengan hewan peliharaan lainnya jika merasa terganggu atau terancam. Bahkan dengan mengikuti aktivitas mereka, seperti berenang atau berjalan, bisa membantu untuk mempererat hubungan dengan kura-kura.

Cara Memelihara Kura-kura Darat atau Sulcata

Kura-kura Sulcata adalah salah satu spesies kura-kura darat terbesar yang berasal dari Afrika. Namun, memelihara kura-kura Sulcata perlu perhatian khusus karena ukurannya yang besar. Pastikan tempat yang disediakan untuk kura-kura Sulcata cukup luas, minimal 4 x 6 meter untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan mereka.

kura-kura sulcata

Perhatikan juga asupan makanan yang diberikan, karena kura-kura Sulcata cenderung doyan makan. Sejalan dengan ukurannya yang besar, kura-kura ini juga menghasilkan banyak kotoran. Pastikan tempat kura-kura bersih dan sanitasi terjaga.

11 Penyakit Pada Kura-kura Darat dan Cara Mengobatinya

Sebagaimana hewan lainnya, kura-kura darat juga mengalami beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang sering terjadi pada kura-kura darat dan cara mengobatinya.

  • Pancreatitis: melakukan rontgen atau ultrasound adalah cara terbaik untuk melihat apakah kura-kura menderita penyakit ini
  • Pneumonia: simptomnya sama dengan manusia loh, mata yang kotor dan mati rasa pada bagian tubuh
  • Salmonellosis: bisa menyebabkan masalah kulit dan kesehatan usus, kura-kura mungkin membutuhkan antibiotik untuk mengobati penyakit ini
  • Shell rot: fasilitas yang tidak steril bisa menyebabkan infeksi jamur pada cangkang, bisa direndam dalam larutan cairan laut guna membunuh bakteri dan jamur
  • Dehidrasi: agar tidak dehidrasi bisa diberikan air yang cukup pada kura-kura
kura-kura sakit

Jangan pernah mengabaikan gejala-gejala penyakit pada kura-kura darat, segera konsultasikan ke dokter hewan agar penanganan dan pengobatan tepat waktu dan tepat sasaran.

Keuntungan Memelihara Kura-kura Darat

Tidak hanya sebagai hewan peliharaan, ternyata memelihara kura-kura darat juga memiliki keuntungan lain, loh. Kura-kura darat bisa menjadi hewan pengendali populasi serangga dan ulat. Selain itu, kura-kura juga bisa berperan sebagai hewan penjaga hutan, karena mampu mencegah kerusakan vegetasi dan mengurangi risiko kebakaran hutan.

Tips Memelihara Kura-kura Darat

Jaga kondisi lingkungan tempat kura-kura berada agar tetap nyaman, jangan lupa untuk membersihkan lingkungan sekitar dan fasilitas untuk menjaga kebersihan kura-kura. Berikan makanan yang sehat dan seimbang, serta berikan vitamin dan mineral yang diperlukan. Pastikan kura-kura dalam keadaan yang bersih dan kesehatan terjaga. Jangan lupa juga untuk mengunjungi dokter hewan secara rutin agar kesehatan kura-kura terjaga dengan baik.


Posting Komentar untuk "Cara Beternak Kura Kura Darat"