Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Belut Dengan Air Bersih

Siapa yang tidak menyukai belut? Olahan apapun yang dihasilkan dari belut selalu berhasil menjadi hidangan yang nikmat untuk kita nikmati. Bagi Anda yang ingin berbisnis atau bahkan sekadar ingin menikmati belut segar dari ternak sendiri, tidak ada salahnya mencoba cara ternak belut yang paling mudah dan efektif.

Cara Ternak Belut Paling Mudah dan Efektif

Pertama, pastikan Anda memiliki wadah berupa kolam yang cukup luas untuk menampung benih belut. Pilihlah kolam dengan ukuran 3m x 3m dan kedalaman minimal 50cm. Pastikan juga kolam berada di tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung agar suhu air tetap stabil sepanjang waktu.

cara ternak belut paling mudah dan efektif

Apa itu belut?

Belut adalah hewan air yang hidup di dasar air dengan bentuk tubuh yang panjang seperti ular dan kulit yang licin. Belut banyak sekali kegunaannya, baik sebagai sumber protein nabati maupun sebagai bahan baku makanan.

Jenis-jenis belut

Terdapat beberapa jenis belut yang biasa dikonsumsi, diantaranya adalah belut sawah (Monopterus albus), belut listrik (Electrophorus electricus), dan belut sungai (Anguilla spp).

Mengapa belut menjadi alternatif bisnis yang menarik?

Belut memiliki potensi yang besar sebagai sumber penghasilan mengingat harganya yang relatif stabil dan menguntungkan. Harga belut hidup sekitar Rp 15.000-Rp 20.000 per kg dan belut olahan seperti kerupuk belut, abon belut atau dendeng belut mampu menjual sekitar Rp 100.000 perkilonya.

Keuntungan dari ternak belut

Ternak belut tergolong mudah dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Belut juga bisa menyesuaikan dengan kondisi air yang ada. Selain itu, ternak belut bisa menjadi salah satu alternatif sumber penghasilan selain usaha sayuran atau peternakan lainnya.

Alasan kenapa harus beternak belut

Ternak belut selain mudah dilakukan, juga memiliki potensi keuntungan yang besar. Selain itu, konsumen belut juga sangat banyak dan selalu ada setiap saat.

Langkah-langkah Beternak Belut

Berikut adalah langkah-langkah beternak belut paling mudah dan efektif:

  1. Persiapkan kolam yang cukup luas dan kedalamannya minimal 50 cm.
  2. Sebelum menempatkan benih belut, pastikan kualitas airnya baik dan aman bagi benih belut. Untuk itu, cuci dahulu kolam hingga bersih dari kotoran dan residu lainnya.
  3. Pastikan pH air berkisar antara 6-8, karena pH yang kurang baik bisa menyebabkan kematian pada benih belut.
  4. Masukkan benih belut, pastikan jumlah benih yang ditempatkan tidak terlalu banyak agar tidak mengganggu pertumbuhan benih yang ada di dalam kolam.
  5. Beri pakan yang cukup agar benih belut bisa tumbuh dengan maksimal. Untuk itu, pilihan pakan yang tepat adalah telur asin, jangkrik, dan daging ayam.
  6. Periksa kondisi air rutin alias setiap hari dan pastikan pH, oksigen dan lainnya selalu optimal dan stabil.
  7. Jangan lupa untuk membersihkan dan mengganti air kolam secara rutin.
  8. Siapkan alat untuk memindahkan belut ke tempat penampungan sebelum dijual atau diolah.
  9. Belut siap dipanen setelah tiga bulan paska penanaman bibit.
  10. Pilihlah belut yang siap panen dengan memperhatikan ukurannya Yang siap panen biasanya berukuran sekitar 25 cm- 30 cm. Panen lah belut dengan cara mengangkat kulit belut dan memisahkan dinding perut dengan hati belut. Pastikan belut yang dicungkil tidak mengalami cedera yang bisa berpengaruh pada kualitas dagingnya.

Tips agar ternak belut Anda sukses

  • Ambil bibit belut yang sehat dan berasal dari sumber yang terpercaya.
  • Jaga kualitas air dengan benar, agar tidak terjadi penyakit atau kematian pada belut.
  • Periksalah kondisi air kolam dan pHnya setiap hari.
  • Perhatikan pakan yang diberikan pada belut agar pertumbuhan maksimal. Sediakan pakan yang beraneka ragam supaya Anda tidak bosan memilih dan memberikan pakan setiap harinya.
  • Beri vitamin dalam jumlah yang cukup agar benih belut tumbuh sehat dan optimal.
  • Panenlah belut lahan Anda secara rutin dan pastikan ukurannya memenuhi standar pasar.

Dengan cara ternak belut paling mudah dan efektif di atas, tentunya Anda bisa memulai bisnis ternak belut di rumah dengan mudah. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Cara Beternak Belut Dengan Air Bersih"