Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Itik Petelur Kurung

Ternak itik petelur menjadi salah satu pilihan bagi para pecinta peternakan. Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk mengoptimalkan hasil ternak ini, mulai dari pakan yang diberikan, jenis-jenis itik yang dipelihara, hingga teknik-teknik beternak yang benar dan baik.

Cara Ternak Itik Petelur yang Baik dan Benar

Ketika memutuskan untuk beternak itik petelur, hal pertama yang harus dipahami adalah apa itu itik petelur.

Apa Itu Itik Petelur?

Itik petelur merupakan jenis itik yang dipelihara untuk menghasilkan telur. Selain menghasilkan telur, daging itik petelur juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Berikut ini adalah jenis-jenis itik petelur yang perlu dipahami.

Jenis-Jenis Itik Petelur

1. Itik Peking

Itik Peking

Itik peking merupakan jenis itik yang populer di Indonesia. Biasanya, domba peking dipelihara untuk diolah menjadi bahan makanan seperti bebek goreng atau bebek panggang. Namun, tetap saja itik peking juga bisa dijadikan itik petelur. Keuntungan dari mulai memelihara itik peking adalah kualitas telurnya yang baik dan banyak jumlahnya.

2. Itik Alabio

Itik Alabio

Itik alabio adalah jenis itik yang berasal dari Sulawesi dan biasanya dibudidayakan untuk diambil daging, namun bisa juga diambil telur dan dijadikan sebagai itik petelur. Kelebihan dari itik alabio adalah tahan terhadap berbagai macam penyakit dan aman dikonsumsi sebagai daging.

3. Itik Cairina

Itik Cairina

Itik cairina merupakan jenis itik petelur yang berasal dari Amerika dan Eropa. Paruh itik yang terlihat sangat pendek, membuat itik cairina tidak suka mencari makan pada media air. Hal inilah yang memudahkan pelestarian itik cairina di tempat yang kering dan tidak ada airnya.

4. Itik Bali

Itik Bali

Itik Bali merupakan jenis itik asli dari Indonesia. Itik ini memang biasanya digunakan untuk diambil daging, namun kebutuhan aakan telurnya juga tidak kalah penting. Itik bali sendiri sering kali dipadukan dengan itik peking dalam beternak itik petelur, hal ini bertujuan untuk meningkatkan produksi telur yang lebih banyak.

Mengapa Memilih Ternak Itik Petelur?

Beternak itik petelur sangat menguntungkan. Selain produce telur yang banyak, harga jual telur itik juga cukup menggiurkan. Selain itu, mengonsumsi telur itik juga baikan untuk kesehatan di bandingkan telur ayam kampung.

Keuntungan Beternak Itik Petelur

1. Menghasilkan telur secara berkepanjangan

2. Harganya cukup tinggi

3. Mudah dijalankan

4. Daging itik petelur juga bisa dijadikan pemasukan lain

Alasan Kenapa Harus Beternak Itik Petelur

1. Potensi Pasar yang Besar

2. Itik yang Mudah Dipelihara

3. Telur Itik Punya Daya Tahan yang Lebih Kuat

4. Harga Telur yang Mahal

Langkah-Langkah Beternak Itik Petelur

1. Menyiapkan Kandang

2. Menentukan Pemeliharaan

3. Memilih Itik yang Berkualitas

4. Pemberian Pakan yang Baik dan Benar

Tips Ternak Itik Petelur

1. Jangan pilih bibit yang kurang sehat

2. Jangan berikan pakan yang berlebihan atau kurang

3. Selalu bersihkan kandang secara rutin

4. Lakukan vaksinasi secara berkala

Dengan mengetahui cara beternak itik petelur yang baik dan benar, Anda akan lebih mudah dalam mengoptimalkan hasil ternak Anda. Selain itu, ikuti juga tips dan langkah-langkah dalam beternak itik petelur agar menghasilkan telur yang banyak dan sehat. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Cara Beternak Itik Petelur Kurung"