Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Lele Di Kolam Terpal Bagi Pemula

Menjadi seorang peternak ikan lele tentu saja memiliki keuntungan tersendiri. Selain menjadikan hobi, peternakan lele ternyata cukup menguntungkan karena tapaknya yang mudah dan populasi konsumen yang luas. Salah satu cara terbaik untuk memulai peternakan lele adalah dengan cara budidaya di kolam terpal. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk melakukan budidaya ikan lele di kolam terpal.

Cara Beternak Lele Di Kolam Terpal Bagi Pemula

Pertama-tama, kita harus menyiapkan kolam terpal di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung. Hal ini bertujuan agar kondisi air pada kolam dapat stabil dan lele pun bisa tumbuh dengan optimal.

Budidaya Lele Di Kolam Terpal

Apa Itu Kolam Terpal

Kolam terpal adalah sebuah kolam sempurna yang dibuat dari material terpal. Terpal yang digunakan biasanya berbahan dasar plastik pilihan yang kuat dan tahan air. Material tersebut sangat ideal untuk membuat kolam karena mudah untuk diatur, sangat kuat sehingga tidak mudah rusak, dan terbukti memiliki ketahanan yang baik terhadap serangga dan jamur.

Jenis-Jenis Terpal Yang Cocok Untuk Kolam Ikan Lele

Dalam memilih terpal untuk kolam ikan lele, terpal yang digunakan harus memenuhi beberapa kriteria. Adapun jenis terpal yang cocok untuk kolam ikan lele adalah terpal PVC dan HDPE. Terpal PVC merupakan jenis terpal yang bisa dijadikan pilihan karena memiliki sifat yang sangat baik dalam hal elastisitas, kekuatan dan ketahanan serta tahan terhadap pembusukan dan serangan serangga. Selain itu, terpal HDPE pun dapat dipakai dan biasanya memiliki ketahanan yang lebih baik dalam jangka waktu yang lebih lama serta lebih tahan terhadap sinar matahari.

Mengapa Kolam Terpal Cocok Untuk Budidaya Lele

Kolam terpal sangat cocok untuk budidaya lele karena sangat mudah dirawat. Selain itu juga efisien dalam penggunaan lahan, sehingga tidak memerlukan tempat yang terlalu besar. Kolam terpal juga dibuat menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan murah dibandingkan dengan bahan untuk membuat kolam konvensional, seperti semen atau bata.

Keuntungan Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Budidaya ikan lele di kolam terpal memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Pengendalian kualitas air yang sangat mudah dilakukan
  • Tidak memakan banyak lahan
  • Bisa dipasang dimana saja
  • Tidak membutuhkan energi listrik untuk sirkulasi air
  • Harga terpal sendiri cukup murah

Alasan Mengapa Anda Harus Mulai Berternak Ikan Lele di Kolam Terpal

Tidak terbantahkan bahwa peternakan ikan lele sangat menguntungkan. Selain itu, dari sisi ekonomi, peternakan ikan lele juga menjanjikan sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. Sudah banyak orang yang sukses secara finansial melalui peternakan ikan lele. Tentunya, menjadi seorang peternak ikan yang sukses diharuskan memiliki pengetahuan yang memadai tentang cara memelihara ikan lele. Nah, mendirikan peternakan ikan lele di kolam terpal bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulai peternakan saat ini. Terutama bagi pemula, karena cara budidaya di kolam terpal sangat mudah dilakukan dan relatif tidak memakan banyak tempat.

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal

Langkah 1: Menyiapkan Kolam Terpal

Yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan kolam terpal. Agar kondisi air dalam kolam terjaga dengan baik, maka dapat tempatkan terpal di tempat yang teduh dan tidak terjangkau langsung oleh sinar matahari. Selain itu, kondisi tanah tempatkolam diletakan juga harus di kondisikan dengan baik dan rata, agar dalam proses pemasangan lebih mudah dan bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Langkah 2: Memilih Bibit Yang Baik

Setelah kolam terpal siap, maka selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah bibit ikan lele. Biasakan untuk memilih bibit dalam kondisi yang baik dan sehat, untuk menjamin keberhasilan peternakan ikan lele anda. Sebelum membeli bibit sebaiknya tingkatkan pengetahuan terlebih dahulu mengenai karakteristik ikan lele dan juga mempelajari sepenuhnya pengenalan terhadap bibit ikan lele.

Langkah 3: Melakukan Proses Penebaran Bibit Lele

Proses penebaran bibit lele dilakukan pada sore hari, dengan jumlah 300 ekor tiap kolam untuk memulai peternakan lele skala kecil. Selain itu, bila dirasa kurang, maka bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan luas kolam. Setelah bibit ikan lele ditebar, maka anda menunggu kurang lebih 5-7 hari untuk memberi makan ikan, agar perlu makanan yang berukuran kecil serta halus.

Langkah 4: Memberi Makan Ikan Lele

Memberi pakan ikan lele sebaiknya dilakukan secara teratur dan jangan terlalu banyak memberi pakan, sehingga terjadi kerusakan air kolam yang bisa merugikan bagi ikan lele tersebut. Biasanya pakan ikan lele yang digunakan adalah pelet, cangkang telur yang dihaluskan, atau kotoran ayam, yang terkenal sebagai pakan yang disukai oleh ikan lele.

Langkah 5: Mengganti Air Kolam

Tergantung dari jumlah bibit yang ditebar dan berapa besar kolam tentunya, maka air kolam sebaiknya diganti setiap 5-7 hari sekali, atau paling cepat dua minggu sekali. Hal ini dilakukan dengan tujuan menjaga kualitas air pada kolam ikan lele.

Tips Beternak Ikan Lele Di Kolam Terpal

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk memulai budidaya ikan lele di kolam terpal :

  • Pilih bibit yang sehat dan bebas dari penyakit untuk menghindari gangguan kesehatan pada ikan
  • Kolam harus dikondisikan dengan baik agar kondisi air tetap stabil
  • Melakukan pemberian pakan secara teratur dan tidak berlebihan
  • Perhatikan kualitas air pada kolam melalui pH meter dan juga kualitas lingkungan sekitar kolam
  • Ganti air secara teratur sesuai dengan kelimpahan bibit ikan yang ditebar

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara mudah untuk memulai budidaya ikan lele di kolam terpal. Dengan memahami cara beternak lele di kolam terpal, anda dapat memulai peternakan lele dengan mudah dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Selamat mencoba!


Posting Komentar untuk "Cara Beternak Lele Di Kolam Terpal Bagi Pemula"