Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Burung Lovbird

Yo bros, kali ini kita bakal bahas tentang burung lovebird yang lagi ngetrend buat jadi hewan peliharaan. Kalian tau ga sih, beternak lovebird itu bisa jadi sumber penghasilan loh!

Cara Beternak Burung Lovebird

Kalo lo bingung mau mulai dari mana, tenang aja bro, usaha budidaya burung lovebird ini enggak susah kok. Yang pertama kita butuh adalah sepasang induk lovebird, sangkar dan beberapa perlengkapan kesehatan.

induk lovebird

Yang penting kalo lo mulai beternak, ciptakan lingkungan yang sehat dan bersih ya bro. Dalam kurun waktu 3-4 minggu, induk lovebird bakal bertelur dan menetaskannya. Nah saat itu, jangan lupa selalu mengganti pakan dan minum setiap hari. Lovebird jadi lebih aktif dan sehat kalo disiram air hangat setiap hari.

Cara Beternak Burung Lovebird Untuk Pemula

Bagi kalian para pemula yang ingin mencoba beternak burung lovebird, ga usah khawatir bro. Ada beberapa tips yang harus kalian perhatikan:

lovebird untuk pemula

1. Siapkan Kandang yang Sesuai

Kandang yang baik dan benar sangat penting untuk lovebird, selain itu juga perlu dilengkapi dengan mainan agar lovebird tidak bosan. Jangan lupa untuk membuat kandang yang terpisah untuk anakan lovebird yang masih kecil.

2. Berikan Pakan yang Sehat dan Bergizi

Pakan yang kaya nutrisi seperti biji-bijian, sayur-sayuran, dan buah-buahan sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung lovebird.

3. Jangan Lupa Membasahi Burung

Burung lovebird sangat senang jika dibasahi dengan air, selain itu bisa membersihkan bulu dan membuat burung tetap segar dan sehat.

4. Cuci Sangkar secara Rutin

Sangkar burung lovebird harus selalu terlihat bersih dan wangi. Pastikan juga untuk mengganti pasir sangkar secara rutin agar burung tidak mendapatkan penyakit dari kotoran yang menumpuk.

Apa Itu Burung Lovebird

Burung lovebird adalah jenis burung kecil yang sering dipelihara sebagai hewan peliharaan. Dalam keluarga burung psittacidae, lovebird memiliki 9 jenis spesies yang berasal dari Afrika dan Pulau Madagaskar.

lovebird

Dengan bentuk yang kecil dan menggemaskan, lovebird sangat di gemari oleh para pecinta burung di seluruh dunia. Selain itu, burung lovebird juga memiliki suara yang khas dan indah.

Jenis-Jenis Burung Lovebird

Lovebird terdiri dari 9 jenis spesies yang berbeda dengan ciri-ciri yang unik.

1. Fishers lovebird

Spesies lovebird yang berasal dari Tanzania ini mempunyai bentuk kepala yang besar dan gagah, memiliki warna hijau dan biru yang unik di sayapnya.

2. Black Masked lovebird

Spesies lovebird jenis ini memiliki ciri khas warna hijau muda dan warna masker hitam di sekitar area mata mereka. Salah satu spesies yang paling populer di dunia.

3. Blue masked lovebird

Lovebird jenis ini mempunyai warna yang sangat indah berupa hijau kebiruan. Ciri khas nya adalah memiliki warna biru di sekitar area matanya.

4. Peach Faced lovebird

Spesies lovebird ini memiliki warna hijau kebiruan dengan pada dada dan perutnya memiliki warna pink peach atau pink orange

5. Nyasa lovebird

Burung lovebird jenis ini memiliki warna hijau tua dan hitam pada kepalanya

6. Abyssinnian lovebird

Spesies lovebird ini memiliki warna hijau kekuning-kuningan dengan garis rusak di kulit putih di sekitar matanya

7. Red Faced lovebird

Burung lovebird dengan warna hijau anakanannya dan pada bagian kepalanya berwarna merah. Warna merah pada kepala burung diadopsi saat dewasa

8. lilian’s lovebird

Burung love bird ini memiliki warna seperi green anakanan dan hijau kekuningan pada bagian perutnya

9. Madagascar lovebird

Spesies lovebird terbaru yang ditemukan di pulau Madagaskar ini memiliki warna dominan hijau dan putih dengan bercak cokelat di kepala dan perut.

Mengapa Harus Memelihara Burung Lovebird

Meskipun kecil dan lucu, burung lovebird masih banyak memiliki manfaat yang bisa kita dapatkan.

lovebird

1. Menghilangkan Stres

Berkat suara yang merdu dan keceriaannya, burung lovebird bisa membantu kita menghilangkan rasa stres yang menumpuk. Kita bisa menonton burung tersebut dan menikmati keceriaan dan keindahan burung lovebird.

2. Memperindah Rumah

Dengan bentuknya yang mungil namun indah, Lovebird membuat ruangan terlihat lebih hidup. Selain itu, dengan dengan menggunakan sangkar yang unik namun jangan lupa tetap memperhatikan keselamatan menyimpankannya

3. Melatih Kesabaran dan Kebersihan

Menjaganya tetap bersih dan teratur tentu cara kecil yang dapat membantu melatih kesabaran dan kebersihan dalam diri kita

Keuntungan Beternak Burung Lovebird

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan ketika beternak burung lovebird:

beternak lovebird

1. Bisa Jadi Sumber Penghasilan

Dengan beternak burung lovebird, kita bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Selain menjual burung lovebird dewasa, kita juga bisa menjual telur dan anakan burung lovebird.

2. Harga Pasar yang Stabil

Karena permintaan pasar yang terus meningkat dan sulit untuk diproduksi secara massal karena proses breeding dan pemeliharaan ketat, harga burung lovebird cukup stabil dalam pasaran

3. Sangat Mudah Dijual

Dengan Pasar terus meningkat, yang membutuhkan burung lovebird akan selalu muncul. Pasar burung lovebird negara lain adalah sumber income yg besar, dengan aksesoris sangkar dan perlengkapan, sistem pengiriman canggih, dengan bisnis yang matang, kita bisa melakukan ekspor burung lovebird

Alasan Perawatan Lovebird Tidak Sulit

Berikut adalah beberapa alasan mengapa perawatan burung lovebird sangat mudah dilakukan:

perawatan lovebird

1. Kebutuhan Makanan yang Mudah Ditemukan

Makanan lovebird sendiri mudah ditemukan seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan dan cairan lainnya.

2. Waktu Pemeliharaan yang Fleksibel

Burung lovebird tidak memerlukan waktu yang banyak dalam perawatannya, cukup sediakan waktu selama 30 menit setiap hari untuk tempatkan biji, keluarkan burung dari sangkarnya dan membersihkan sangkarnya.

3. Sangat Mudah Ditemukan di Pasar

Apabila kalian masih pemula dan belum mengerti seperti apa perawatan burung ini, kalian bisa mengunjungi toko burung atau pasar burung terdekat untuk memilih burung lovebird yang sesuai dengan budget kalian

Langkah-Langkah Merawat Burung Lovebird

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkah yang perlu kalian perhatikan dalam merawat burung lovebird:

1. Mengganti Pakan dengan Rutin

Burung lovebird perlu makan dengan teratur, oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk mengganti pakan mereka dengan tepat waktu

2. Menyediakan Tempat Tidur yang Nyaman

Menyediakan tempat tidur yang nyaman buat burung lovebird sangat penting agar burung dapat istirahat dengan seutuhnya

3. Membersihkan Sangkar

Membersihkan sangkar burung lovebird cukup dengan menggunakan air sabun yang bersih.

Tips Merawat Burung Lovebird

Tips yang dapat membantu kalian dalam merawat burung lovebird diantaranya:

merawat lovebird

1. Membuat suatu jadwal perawatan

Dengan membuat jadwal perawatan burung seperti mengganti air, membersihkan sangkar dan memberi makan sehari-hari, kita dapat mengatur waktu lebih efektif.

2. Rutin membawa burung ke dokter hewan

Sebagai hewan peliharaan, kita harus mengamati kesehatan si burung, seperti pada kontak langsung tubuh dengan burung dan isolasi jika terjadi sesuatu—untuk mencegah penyakit menyebar.

3. Jangan Menggunakan Fitrin dan Obat Berbahaya lainnya

Menggunakan obat-obatan tidak benar bisa merusak kesehatan burung lovebird, jadi perhatikanlah sebelum memberikan obat dengan benar

Jadi, itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang burung lovebird. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam merawat dan memelihara burung lovebird


Posting Komentar untuk "Cara Beternak Burung Lovbird"