Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Beternak Burung Kenari Secara Koloni

Apakah kamu memiliki hobi memelihara burung? Salah satu burung yang sering dipelihara sebagai hewan kesayangan adalah burung kenari. Burung yang memiliki suara merdu ini memang sangat menarik untuk dipelihara dan dirawat. Bagi kamu yang ingin mencoba beternak burung kenari, berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan!

Pengeraman

Pertama-tama, kamu harus melakukan pengeraman telur burung kenari terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan dengan memasukkan telur yang sudah dipilih ke dalam kotak pengeraman, yang sudah disiapkan terlebih dahulu. Pastikan kotak tersebut memiliki suhu yang tepat dan juga kadar kelembapan yang optimal. Setelah kurang lebih 13 hari, kamu akan melihat embrio akan mulai tumbuh dalam telur tersebut.

Burung Kenari

Apa itu pengeraman? Pengeraman adalah suatu proses untuk menetaskan telur hewan, dalam hal ini adalah burung kenari. Dalam pengeraman, suhu dan kelembapan harus dijaga dengan baik agar embrio yang ada dalam telur dapat tumbuh dengan baik dan telur dapat menetas dengan sukses.

Pemeliharaan

Setelah telur menetas, maka selanjutnya kamu harus melakukan pemeliharaan pada anak burung kenari tersebut. Pastikan kamu menyediakan makanan yang cukup dan juga tempat yang nyaman untuk anak burung tersebut tumbuh besar. Kamu juga harus rutin membersihkan kandang dan juga memberikan pakan yang sesuai agar anak burung kenari tersebut sehat dan tumbuh dengan baik.

Burung Kenari

Jenis-jenis burung kenari yang ada cukup banyak, antara lain kenari Yorkshire, kenari Parisian Frill, dan kenari Fife Fancy. Namun, jenis burung kenari pilihan banyak orang adalah kenari Yorkshire. Kami merekomendasikan kamu untuk juga memilih jenis ini sebagai calon indukanmu.

Keuntungan

Banyak yang berpikir bahwa beternak burung kenari hanya sebagai hobi semata. Namun, kenyataannya, ada banyak keuntungan yang dapat kamu peroleh jika kamu mencoba beternak burung kenari ini. Pertama, kamu dapat memiliki hewan kesayangan yang sangat merdu dan juga menarik untuk dipelihara. Kedua, kamu dapat menjual anak burung kenari yang kamu hasilkan dan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Burung Kenari

Mengapa harus memilih burung kenari sebagai hewan peliharaan yang akan kamu ternakkan? Salah satu alasan adalah karena burung kenari memiliki suara yang merdu dan menenangkan. Selain itu, perawatannya juga cukup mudah dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya. Kamu tidak perlu repot-repot mencuci atau menjemur seperti pada hewan peliharaan lainnya.

Alasan

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus coba beternak burung kenari. Pertama, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, burung kenari termasuk dalam hewan peliharaan yang mudah dirawat dan tidak memerlukan banyak biaya. Selain itu, burung kenari juga memiliki harga jual yang tinggi di pasaran, sehingga kamu dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar dari beternak burung kenari ini.

Burung Kenari

Langkah-langkah untuk melakukan beternak burung kenari dapat dilakukan dengan relatif mudah. Sehingga, kamu juga tidak perlu memiliki pengetahuan khusus atau berpengalaman dalam hal beternak hewan. Kamu hanya perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, dari mulai pengeraman hingga merawat anak burung kenari yang telah menetas.

Langkah-langkah

  1. Siapkan kandang atau sangkar yang bersih dan nyaman untuk burung kenari yang akan kamu ternakkan.
  2. Kumpulkan telur burung kenari yang akan kamu pilih dan masukkan ke dalam kotak pengeraman
  3. Pastikan kotak pengeraman dalam kondisi yang steril dan memiliki suhu yang tepat untuk melakukan pengeraman
  4. Tunggu hingga kurang lebih 13 hari, hingga embrio awal tumbuh dalam telur tersebut
  5. Setelah telur menetas, kamu harus rutin merawat anak burung kenari tersebut, dengan memberikan makanan yang cukup dan juga tempat yang nyaman untuk tumbuh besar
  6. Pastikan kamu selalu membersihkan kandang atau sangkarnya dan juga memberikan obat-obatan atau vitamin yang diperlukan bagi anak burung kenari tersebut

Tips

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar beternak burung kenari kamu sukses.

  1. Pilih telur burung kenari yang baik dan bersih untuk dilakukan pengeraman
  2. Pastikan suhu dan kelembapan kotak pengeraman sesuai dengan yang dibutuhkan oleh burung kenari
  3. Berikan makanan yang cukup dan juga tempat yang nyaman bagi anak burung kenari yang sedang kamu ternakkan
  4. Rutin membersihkan kandang atau sangkar burung kenari dan juga memberikan obat-obatan atau vitamin yang diperlukan
  5. Perhatikan juga aspek kebersihan dan keamanan di sekitar kandang atau sangkar burung kenari tersebut

Dengan melakukan beternak burung kenari, kamu tidak hanya dapat memiliki hewan kesayangan yang menarik dan indah, tetapi juga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan burung kenari yang kamu ternakkan agar mendapatkan hasil yang maksimal!


Posting Komentar untuk "Cara Beternak Burung Kenari Secara Koloni"